Thursday 17 October 2013

HOME





Dalam keseharian, kita tidak pernah lepas dari penggunaan Bahan Bakar Minyak atau yang sering disebut dengan BENSIN. Padahal masih ada bahan bakar alternatif lainnya yaitu LPG (Gas yang dicairkan) dan CNG (Gas yang diberi tekanan tinggi). Baik LPG dan CNG sama-sama berasal dari bumi. Akan tetap LPG saat ini adalah yang paling umum dijumpai dalam keseharian kita dibandingkan dengan gas CNG.
           Mungkin  sudah sering terdengar di telinga kita kalau ada motor yang menggunakan bahan bakar gas (LPG) namun kita masih sangat jarang melihatnya di jalanan. Disini akan saya jelaskan sedikit mendalam  tentang perbandingan LPG dan bensin. Secara empiris pun LPG mendekati bensin.
  • Bensin  :  2C8H22 + 27O2 ----> 16CO2 + 22H2O,
  • Secara empiris kesetaraan reaksi LPG juga dapat dilihat dari persamaan reaksi berikut :
  • LPG     : C3H8 + 5O2 ---> 3CO2 + 4H2O,
 

Sebuah konversi LPG yang baik serta komponen yang terpasang dengan benar dan sesuai, harusnya membuat kinerja mesin sepeda motor kita sama seperti ketika menggunakan bahan bakar bensin. Memang ada sedikit kekurangan daya (kalori LPG 5% lebih kecil bila dibandingkan bensin), tapi ketika mengendarai Sepeda Motor konversi dengan mesin yang lebih besar sangat sulit  menemukan perbedaan dalam kinerja. Kendaraan dengan mesin yang lebih kecil mungkin menunjukkan sedikit penurunan kekuatan daya, tapi hal ini bukan  masalah besar untuk kita, karena kita jarang menjalankan mesin sampai 'red line' saat di jalanan, terutama diperkotaan.
                Berbagai peneliti atau kelompok masyarakat sudah melakukan inovasi untuk mengkonversi bahan bakar bensin ke gas.  Salah satu diantaranya adalah untuk alat transportasi sepeda motor.  Kini kami perkenalkan inovasi terbaru karya anak bangsa sendiri:     UNIVERSAL LPG CONVERTER KIT , suatu alat yang dapat menjadikan sepeda motor anda menjadi HYBRID, yaitu bisa menggunakan BBG/LPG maupun BBM/bensin sebagai bahan bakarnya secara bergantian.




UNIVERSAL LPG CONVERTER KIT,
KARYA ANAK BANGSA 
YANG  INOVATIVE




Keunggulan Alat/Produk ini adalah :


  1. Menjadikan mesin/motor berfungsi hybrid, yaitu bisa menggunakan gas atau bensin secara bergantian.
2. Pemasangan  mudah, anda dapat memasang sendiri, krn tidak perlu merubah karburator
3. Aman, karena regulator berpengaman otomatis, teruji, tahan lama, irit dan murah .
4. Tabung bisa di masukkan box/bracket, yg dijual bebas di toko accessories spd motor.
5. Bisa digunakan pada hampir semua kendaraan atau mesin berkaburator, termasuk diesel, genset, kendaraan matic bahkan injeksi.


       Beberapa Alasan untuk Konversi Bensin ke gas LPG :

1. LPG lebih murah, dengan terus naiknya harga bbm, konversi ke LPG jadi lebih masuk akal
2. Lebih mudah mendapatkan LPG, terutama untuk ukuran 3 Kg.
3. Kualitas LPG lebih baik, karena nilai oktan LPG 110 lebih tinggi dari bensin yang hanya 88.
4. LPG lebih ramah lingkungan, gas emisi yang keluar  mengandung sedikit polutan.
5. LPG baik untuk mesin, membuat mesin lebih awet, karena LPG mengandung sedikit karbon.
6. Mesin lebih bersih, karena pembakaran lebih sempurna dan dapat menekan biaya perawatan.
7. Tidak ada perbedaan yang mencolok dalam hal kinerja dan kekuatan.
8. Kualitas oli bertahan lebih lama, pemakaian 6000 km oli tampak masih seperti baru.
9. Kebisingan mesin lebih rendah, tidak kemlitik.
10.Pemakaian LPG lebih hemat 30% sampai 50% dari bensin.
11.Tidak mengganggu fungsi dasar elektrik ataupun mekanik kendaraan kita.
12.Sistim dual fuel (hybrid) bisa bensin atau LPG, jadi tidak tergantung pada satu jenis bahan bakar saja.


No comments:

Post a Comment