Dalam
keseharian, kita tidak pernah lepas dari penggunaan
Bahan Bakar Minyak atau yang sering disebut dengan
BENSIN. Padahal masih ada bahan bakar alternatif lainnya
yaitu LPG (Gas yang dicairkan) dan CNG (Gas yang diberi
tekanan tinggi). Baik LPG dan CNG sama-sama berasal dari
bumi. Akan tetap LPG saat ini adalah yang paling umum
dijumpai dalam keseharian kita dibandingkan dengan gas
CNG.
Mungkin
sudah sering terdengar di telinga kita kalau ada motor
yang menggunakan bahan bakar gas (LPG) namun kita masih
sangat jarang melihatnya di jalanan.
Disini akan saya jelaskan sedikit mendalam tentang
perbandingan LPG dan bensin. Secara empiris pun LPG
mendekati bensin.
-
Bensin : 2C8H22 + 27O2 ----> 16CO2 + 22H2O,
-
Secara empiris kesetaraan reaksi LPG juga dapat dilihat dari persamaan reaksi berikut :
-
LPG : C3H8 + 5O2 ---> 3CO2 + 4H2O,
Sebuah konversi LPG yang baik serta
komponen yang terpasang dengan benar dan sesuai,
harusnya membuat kinerja mesin sepeda motor kita sama
seperti ketika menggunakan bahan bakar bensin. Memang
ada sedikit kekurangan daya (kalori LPG 5% lebih kecil
bila dibandingkan bensin), tapi ketika mengendarai
Sepeda Motor konversi dengan mesin yang lebih besar
sangat sulit menemukan perbedaan dalam kinerja.
Kendaraan dengan mesin yang lebih kecil mungkin
menunjukkan sedikit penurunan kekuatan daya, tapi hal
ini bukan masalah besar untuk kita, karena kita
jarang menjalankan mesin sampai 'red line' saat di
jalanan, terutama diperkotaan.
Berbagai peneliti atau kelompok masyarakat sudah
melakukan inovasi untuk mengkonversi bahan bakar bensin
ke gas. Salah satu diantaranya adalah untuk alat
transportasi sepeda motor.
Kini kami perkenalkan inovasi terbaru karya anak bangsa
sendiri:
UNIVERSAL
LPG CONVERTER KIT
, suatu alat yang dapat menjadikan sepeda
motor anda menjadi
HYBRID,
yaitu bisa menggunakan BBG/LPG maupun BBM/bensin sebagai
bahan bakarnya secara bergantian.
UNIVERSAL LPG
CONVERTER KIT,
KARYA ANAK BANGSA
YANG INOVATIVE
1. Menjadikan
mesin/motor berfungsi hybrid, yaitu bisa menggunakan gas
atau bensin secara bergantian.
2. Pemasangan mudah, anda dapat memasang sendiri, krn tidak perlu merubah karburator
3. Aman, karena regulator berpengaman otomatis, teruji, tahan lama, irit dan murah .
4. Tabung bisa di masukkan box/bracket, yg dijual bebas di toko accessories spd motor.
5. Bisa digunakan pada hampir semua kendaraan atau mesin berkaburator, termasuk diesel, genset, kendaraan matic bahkan injeksi.
2. Pemasangan mudah, anda dapat memasang sendiri, krn tidak perlu merubah karburator
3. Aman, karena regulator berpengaman otomatis, teruji, tahan lama, irit dan murah .
4. Tabung bisa di masukkan box/bracket, yg dijual bebas di toko accessories spd motor.
5. Bisa digunakan pada hampir semua kendaraan atau mesin berkaburator, termasuk diesel, genset, kendaraan matic bahkan injeksi.
Beberapa Alasan untuk Konversi Bensin ke gas LPG :
1. LPG lebih murah, dengan terus naiknya harga bbm, konversi ke LPG jadi lebih masuk akal2. Lebih mudah mendapatkan LPG, terutama untuk ukuran 3 Kg.
3. Kualitas LPG lebih baik, karena nilai oktan LPG 110 lebih tinggi dari bensin yang hanya 88.
4. LPG lebih ramah lingkungan, gas emisi yang keluar mengandung sedikit polutan.
5. LPG baik untuk mesin, membuat mesin lebih awet, karena LPG mengandung sedikit karbon.
6. Mesin lebih bersih, karena pembakaran lebih sempurna dan dapat menekan biaya perawatan.
7. Tidak ada perbedaan yang mencolok dalam hal kinerja dan kekuatan.
8. Kualitas oli bertahan lebih lama, pemakaian 6000 km oli tampak masih seperti baru.
9. Kebisingan mesin lebih rendah, tidak kemlitik.
10.Pemakaian LPG lebih hemat 30% sampai 50% dari bensin.
11.Tidak mengganggu fungsi dasar elektrik ataupun mekanik kendaraan kita.
12.Sistim dual fuel (hybrid) bisa bensin atau LPG, jadi tidak tergantung pada satu jenis bahan bakar saja.
No comments:
Post a Comment